Selasa, 31 Maret 2020

Tiga Panggilan Kehidupan - Pengetahuan

Dalam kehidupan manusia ini ada 3 panggilan Allah SWT untuk kita semua.

Panggilan pertama yakni panggilan Adzan, panggilan ini sangat jelas terdengar di telinga kita dan sangat kuat terdengar, itulah panggilan Allah kepada kita untuk menjalankan perintah shalat, dengan melaksanakan shalat tepat waktu sesungguhnya kita telah menjawab panggilan Allah tersebut.


Panggilan kedua, yakni haji atau umroh, Panggilan ini sangat bersifat halus, Allah memanggil hamba-hambaNya dengan panggilan yang halus dan sifatnya bergiliran. Hamba yang satu mendapatkan kesempatan yang berbeda dengan hamba yang lain, JalanNya bermacam-macam. Yang tidak punya uang menjadi punya uang, yang tidak merencanakan, ternyata akan pergi, ada yang memang merencanakan dan terkabul. Tapi ingat Allah itu sudah lama memanggil para umatnya untuk menunaikan ibadah haji, dan tidak memandang mau mampu atau pun tidak, yang penting adalah niat dari hati kita. 



Panggilan yang ketiga, ialah kematian, Panggilan Allah yang ketiga ini ialah Kematian, tidak ada yang mengetahui kapan ajal akan datang menjemput, akan tetapi panggilan Allah ini akan terjadi kepada kita semua, dengan panggilan yang lembut dan halus, sebagaimana dalam Al-Quran: “Ya ayyuhan nafsul muthmainnah, irji’i ila rabbiki radhiyatam mardhiyyah (wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati puas lagi di ridhaiNya),” (QS. Al-Fajr: 27-28).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar