Sabtu, 28 Maret 2020

Jabal Rahmah di Bukit Arafah


Jabal berarti bukit, sementara Rahmah adalah kasih sayang, Arafah berarti mengetahui. Bukit Arafah terletak persis di tepi Padang Arafah Kota Makkah.
Di puncak Bukit Arafah, kini telah dibangun monumen dari beton yang tingginya mencapai kurang lebih 8 meter, sering di sebut Jabal Rahmah.
Berdasarkan cerita, Nabi Adam diturunkan di negeri India, sedangkan Siti Hawa diturunkan di Jeddah. Setelah keduanya bertaubat untuk memohon ampun, akhirnya atas ijin Allah mereka dipertemukan di bukit ini.
Masyarakat setempat percaya, lokasi bertemunya Adam dan Hawa persis di titik tugu tersebut. Selain itu pula untuk menghayati makna dari kisah Nabi Ibrahim dengan putranya Nabi Ismail. Dalam tidurnya, Nabi Ibrahim bermimpi Allah SWT meminta agar Ismail dikurbankan dengan disembelih. Hal itu membuat keyakinan Nabi Ibrahim untuk menaati perintah Allah dalam berkorban dengan penuh keikhlasan. Karena keikhlasan Nabi Ibrahim juga, maka Allah menggantinya dengan memerintahkan untuk berkurban hewan. Kemudian mengacu pada peristiwa pengajaran manasik haji oleh Jibril kepada Nabi Ibrahim. Selanjutnya di Jabal Rahmah, Bukit Arafah, juga merupakan tempat wahyu terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika melakukan wukuf. Wahyu tersebut ada dalam Surat Al Maidah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar