Jumat, 06 Maret 2020

Tentang Ka'bah

Kabah adalah tempat suci dari semua tempat muslim di dunia. Bagaimana tidak, Kabah adalah kiblat umat islam saat shalat. Selain itu, Kabah juga tempat suci bagi muslim saat melakukan ibadah umrah dan haji. Kabah terletak di pusat Al-Masjid al-Haram, di Mekkah, Arab Saudi.Namun, tahukah Anda ternyata ada beberapa hal yang menakjubkan tentang kabah yang mungkin Anda belum mengetahuinya. Apa saja itu?Inilah 10 hal yang mungkin Anda tidak ketahui tentang Kabah:
1. Kabah telah direkonstruksi beberapa kali Tahukah Anda Kabah telah mengalami beberapa kali perbaikan. Hal itu disebabkan bencana alam seperti banjir dan juga telah diserang oleh orang yang tak bertanggungjawab.Kebanyakan sejarawan mengklaim bahwa Kabah telah direkonstruksi sekitar 12 kali. Renovasi terbaru terjadi pada tahun 1996 dengan menggunakan teknologi terbaru untuk memperkuat Kabah dalam melawan bencana.

2. Warna Kiswah telah berubah Kiswah adalah kain hitam yang menutupi Kabah. Tapi apakah Anda tahu bahwa kiswah itu ternyata warnanya tidak selalu hitam?Tradisi menutupi Kabah dengan Kiswah dimulai selama pemerintahan suku Jurhum. Kemudian, Nabi Muhammad SAW membungkus Kabah dengan kain Yaman putih.Beberapa warna kiswah seperti merah, hijau dan putih juga pernah digunakan oleh khalifah yang berbeda. Namun pada masa Abbasiyah akhirnya memutuskan warna hitam untuk mengakhiri perubahan warna kiswah tersebut hingga hari ini.

3. Bentuk Kabah telah diubah Kabah awalnya berbentuk sesuai dengan dasar-dasar yang diletakkan oleh Nabi Ibrahim. Namun, Kabah mencapai bentuk kubus ketika direkonstruksi oleh Quraisy pada masa sebelum datangnya islam.

4. Kabah memiliki lebih dari satu pintu Kabah dulunya memiliki dua pintu, satu pintu untuk masuk dan satu lagi untuk keluarnya. Kabah juga memiliki jendela di salah satu dinding. Saat ini, Kabah hanya memiliki satu pintu dan tidak ada jendela meskipun ada satu pintu darurat yang digunakan untuk mendapatkan akses ke atap.

5. Apa yang ada di dalam Kabah? Bagian dalam Kabah disanggah oleh tiga pilar, dengan lentera tergantung di antara ketiganya. Sebuah meja kecil untuk parfum dapat ditemukan antara pilar. Plakat digantung di dinding, untuk memperingati penguasa yang memperbaharui Kabah. Sebuah kain hijau berbordir dengan ayat-ayat Al-Quran juga menutupi bagian atas dinding. Dinding kanan memiliki pintu emas yang disebut Bab At-Taubah, yang membuka tangga menuju ke atap.

6. Hajar al-Aswad pernah rusak Tahukah Anda ternyata Hajar al Aswad juga pernah mengalami kerusakan. Dulu, Hajar al-Aswad berbentuk satu buah batu besar tetapi saat ini terdiri dari sekitar delapan buah dengan berbagai ukuran tertutup dalam bingkai perak.Kerusakan itu disebabkan karena banyak kejadian naas termasuk banjir, banyak pengepungan dan pencurian. Akhirnya bingkai perak pertama dibuat oleh Abdullah bin Zubair.

7. Keluarga Al-Sheibi selalu menjadi penjaga Kabah Tahukah Anda ternyata pemilik kunci kabah hanya dijaga oleh satu keluarga sejak periode pra-Islam? Keluarga Al-Sheibi telah menjadi penjaga selama 15 abad terakhir. Kuncinya selalu diwariskan oleh anggota tertua dari keluarga ke anggota keluarga yang lainnya.

8. Upacara Pembersihan Ka’bah ini diadakan dua kali setahun Upacara pembersihan diadakan selama Shaaban dan Dul-Qaada oleh keluarga Al-Sheibi. Campuran pembersih khusus dibuat dari air ZamZam, Taif air mawar dan minyak Oud mahal. Selain itu, Gubernur Mekkah juga mengundang beberapa pejabat untuk berpartisipasi dalam upacara tersebut.

9. Pintu Kabah Terbuka untuk semua orang Tahukah Anda, awalnya pintu Kabah terbuka untuk semua orang yang akan masuk dan berdoa di dalam. Namun, karena jumlah jamaah yang ingin masuk mengalami peningkatan, akhirnya kabah tidak bisa lagi diakses untuk semua orang. Saat ini, pintu kabah kadang-kadang hanya dibuka untuk tamu istimewa.

10.Thawaf di sekitar Kabah tidak pernah berhenti Salah satu hal yang paling luar biasa tentang Kabah adalah bahwa tawaf di sekitar Kabah tidak pernah berhenti kecuali ketika salat diadakan. Bahkan selama insiden banjir, orang-orang melakukan Tawaf sambil berenang. Subhanallah.

Itulah beberapa hal tentang kabah yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya agar semakin memulian tempat suci ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar