Senin, 02 Maret 2020

Sebagian Tempat Bersejarah Mekkah dan Madinah

Mesjid Dzi-Thuwa (1 - 2 -3)
Lokasinya masih sekitaran Masjidil Haram dari pintu keluar Marwah ambil ke arah kiri terus lurus ke arah terminal bus Jarwal, ikuti kanopi terminal nanti tepat diujung kanopi ada bangunan kecil, dipagar ram kawat. Jarang orang yang tahu,  menurut cerita Rasulullah SAW pernah bermalam di tempat iti dan mandi di sumurnya, baru kemudian beliau masuk ke Masjidil Haram melakukan haji dan umrah. Untuk mengenang tempat dimana Rasulullah SAW bermalam tersebut dibangun sebuah masjid yang diberi nama dengan masjid Bir Dzi Thuwa (Bir = Sumur).
Mesjid sudah tidak digunakan lagi tapi sumur Thuwa masih ada.

Masjid Ijabah (4- 5 - 6)
Keluar dari Gate 36 Masjid Nabawi dekat pemakaman Baqi cuman harus melawan cuaca panas atau bisa keluar melalui pintu 25 Masjid Nabawi masuk terowongan pertokoan di basement, lebih adem tapi lebih jauh, keluar dari eskalator toko ada pasar grosir oleh2 Madinah dan pangkalan taxi mobil pribadi, pangkalan bis carteran, dengan pemukim, pendatang dan jamaah kebanyakan dari India, Irak dan Bangladesh, yang ke mesjid Ijabah juga lebih banyak mereka daripada jemaah Indonesia. Mesjid ada di jalan raya depan pasar, hati2 saat menyeberang. Di tempat ini Rasulallah SAW mendirikan solat sambil berdoa sangat lama, dan di bekas tempat sholat Nabi SAW dibangunlah sebuah masjid diberi nama Masjid Ijabah, yang memiliki arti dikabulkan.
“Saya telah memohon kepada Allah sebanyak tiga hal. Allah mengabulkan yang dua dan menolak yang satu."
Mesjid tidak selalu terbuka untuk umum
namun pada waktu tertentu alias sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Jannatul Baqi (7 - 8 - 9)
Kematian itu adalah suatu kepastian, dan syarat utama kematian adalah " WA LAA TAMUUTUNNA ILLA WA ANTUM MUSLIMUUN :  Artinya : jangan Kalian mati kecuali dalam keadaan Muslimuun (Pasrah)
Lokasinya berdekatan dengan Gate 36 Masjid Nabawi. Baqi artinya tempat dimana terdapat tunggul berbagai jenis pohon, dari situlah dinamakan Baqi’ Al-Gharqad. Al-Gharqad adalah pohon berduri yang sangat besar. Dahulu Baqi’ Al-Gharqad adalah kebun dengan pepohonan berduri namun, karena kaum muslim banyak yang ingin sekali di kuburkan di Baqi mereka pun menebang pepohonan yang ada disana untuk di jadikan pemakaman.merupakan tempat pemakaman yang ada di kota Madinah Arab Saudi. Dan peraturannya jamaah laki-laki hanya di perbolehkan untuk masuk ke dalam area makam. Jamaah perempuan hanya bisa melihat pemakaman dari luar, melalui pagar jeruji.  jam buka pemakaman mulai dari setelah ibadah sholat subuh hingga menjelang dzuhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar