Kamis, 26 Maret 2020

Istana Raja di Jabal Qubais


Bangunan Istana Raja Qubais bercat coklat dengan beberapa lantai menjulang tinggi bentuknya kotak2 terlihat tinggi karena ada diatas bukit. Istana ini juga berguna bagi para pemimpin atau tamu negara yang akan beribadah di Makkah
Lokasinya tak jauh bahkan berada di jalan utama menuju Masjidil Haram (dari WC 3 arah ke kanan). Istana Raja di Jabal Qubais ini adalah salah satu istana selain Istana Raja di Riyadh, Ibukota Arab Saudi. Salah satu kisah adalah saat Nabi Ibrahim menaiki Jabal Abu Qubais  dan berseru, "Wahai manusia! Bahwasanya Allah telah memerintahkan kamu untuk menunaikan haji ke Baitullah ini, untuk diganjari kamu dengan haji tersebut akan surga dan diselamatkan kamu daripada azab neraka, maka berhajilah kamu." 
Tahun-tahun sebelum pembangunan Istana di sebagian bukit Jabal Abu Qubais ini, para jamaah calon haji sering menaiki Jabal Abu Qubais hanya untuk mengenang peristiwa Nabi Ibrahim tersebut.
Bahkan, kadang-kadang para jamaah sering bernazar sambil melambaikan tangan dan menyebutkan nama untuk memanggil sanak keluarganya supaya segera berhaji. Bukit Jabal Abu Qubais sebagian dipapas selain untuk Istana Raja juga untuk pelataran Masjidil Haram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar