Sabtu, 15 Februari 2020

Jalan-jalan Di Mekkah dan Jeddah

Selepas beribadah umrah dan atau haji travel atau jemaah bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Mekkah dan Jeddah, Arab Saudi.

Kedua kota ini menyimpan banyak tempat wisata, baik wisata religi, sejarah atau hiburan.

Selain itu, berwisata di Arab Saudi juga terbilang mudah.

Jarak antara Mekkah dan Jeddah terhitung sekitar 89 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Masjid Al-Rahma

Masjid yang terletak di Jeddah ini biasa juga disebut Masjid Terapung.

Bukan tanpa alasan, masjid ini memang berdiri dikeliling oleh laut. Bahkan siapa pun akan melihat masjid ini seperti mengambang ketika air pasang.

Masjid buatan tahun 1985 ini juga biasa disebut Masjid Fatima Al-Zahra, dan merupakan salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi di Jeddah, terutama oleh umat Muslim dari Asia Timur.

Berdiri di area seluas 2.400 meter persegi, masjid ini juga menerima jemaah haji dan umrah dari seluruh dunia.

Kamu bisa melihat kombinasi dari arsitektur tradisional dan modern berbalut nuansa seni Islami. Masjid ini dibangun dengan teknologi canggih, peralatan, dan sistem suara dan pencahayaan yang apik.

Para jemaah dan turis biasanya berkunjung ke masjid ini pada saat fajar. Mereka ingin melihat sunset dengan nuansa berbeda yaitu pemandangan Laut Merah khas Timur Tengah.

Kompleks Pertokoan Mall Abraj Al Bait

Kompleks ini berada tepat di seberang jalan Masjidil Haram, Mekkah. Kompleks ini memiliki tujuh menara dengan satu menara lebih tinggi dari lainnya yang dinamakan Hotel Tower.

Menara tersebut menjadi daya tarik jemaah atau wisatawan di mana dikhususkan untuk apartemen dan hotel.

Menara Hotel Tower juga menjadi bangunan dengan struktur tertinggi di Arab Saudi dan kedua di dunia setelah Burj Dubai, Uni Emirat Arab.

Kamu juga bisa melihat jam besar pada setiap sisi menara Hotel Tower. Jam ini memiliki panjang dan lebar 80 meter yang terpasang pada ketinggian 530 meter.

Hal ini menjadikan jam sebagai yang terbesar dan tertinggi berdasarkan letaknya di dunia.

Kereta Gantung Taif

Tempat wisata keenam yang bisa dikunjungi selepas umrah adalah Taif. Daerah ini memiliki cuaca dan iklim layaknya puncak Bogor, Jawa Barat.

Tak hanya itu, struktur jalan berkelok-kelok khas pegunungan begitu terasa ketika sampai di daerah ini.

Kota di Provinsi Mekkah, Arab Saudi ini menawarkan banyak kegiatan wisata, salah satunya naik kereta gantung di puncak Taif. Jemaah atau pengunjung bisa merasakan bagaimana sensasi melihat cuaca berkabut berhiaskan gunung-gunung dan jurang dari atas kereta.

Selain naik kereta gantung, Taif juga punya taman hiburan di Al-Kurr Amusement Park. Taman ini memiliki permainan roller coaster bernama Toboggan Coaster, yang berbeda dan unik dengan coaster lainnya.

Pasalnya, Toboggan dapat kamu kendalikan sendiri kecepatannya. Pengunjung akan merasakan sensasi naik coaster di atas ketinggian bukit dan melewati jalan berkelok-kelok pinggir tebing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar