Rabu, 26 Februari 2020

Tempat Wisata Mekkah dan Madinah

MEKAH dan Madinah, tanah suci umat Islam ini tak hanya identik dengan peribadatan seperti umrah dan haji saja loh. Dua kota bersejarah ini juga menyuguhkan wisata religi yang berkesan karena di sana banyak situs-situs atau tempat-tempat yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam.

Berikut ini beberapa tempat yang paling banyak didatangi sebagai destinasi wisata di dua kota suci tersebut:

1. Mall Abraj Al Bait

Mall Abraj Al Bait yang dikenal dengan nama Fairmont Makkah Clock Royal Tower merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi bahkan di sela-sela waktu ibadah haji.

Menara jam raksasa Fairmont Makkah Clock Royal Tower tersebut dikelola oleh Kerajaan Arab Saudi dan jaringan Hotel Fairmont yang menyediakan beragam kemewahan, mulai dari hotel bintang lima, beragam restoran, apartemen dan perkantoran.

Mall Abraj Al Bait sendiri memiliki 120 lantai dan 1542 kamar hotel dan apartemen. Menariknya, untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya, dipermudah dengan 56 lift berteknologi canggih yang mampu mengangkut dalam waktu cepat. Lokasinya pun juga sangat strategis, tepat berada di seberang Masjidil Haram. Dari atas menara ini, pengunjung bisa melihat view kota Mekah secara jelas.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi umat Islam saat melaksanakan ibadah haji atau umrah. Masjid yang satu ini juga sangat populer karena sejarah dan keindahan arsitekturnya. Di sini terdapat Raudlah atau taman surga yang menjadi bagian bangunan masjid. Letaknya di antara makam Nabi Muhammad SAW dan juga mimbar.

3. Gunung Uhud

Gunung Uhud berada di utara Madinah dengan ketinggian hingga 350 meter. Gunung Uhud merupakan salah satu lokasi perang besar antara umat Islam dan tentara Quraisy. Usai Perang Uhud selesai, Nabi Muhammad SAW sempat melaksanakan salat Dzuhur di masjid yang terletak di kawasan tersebut, yaitu Masjid Al-Fash.

4. Gua Hira

Gua Hira populer banget di kalangan umat Islam. Di gua inilah Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu dari Allah SWT lewat perantara Malaikat Jibril.

Pengunjung atau peziarah yang ingin melihat tempat yang dinamai “Gunung Cahaya” atau “Bukit Pencerahan” ini harus punya fisik yang fit. Sebab, lokasinya berada di tebing dengan tanjakan yang cukup curam. Jadi, jika ingin berkunjung ke Goa Hira, sebaiknya datang lah saat pagi hari ketika belum begitu padat dipenuhi jamaah lain.

5.

Pasar Zakfariah

Pasar Zakfariah ini merupakan pasar yang populerdi kalangan peziarah di tanah suci. Di pasar ini dijual beragam jenis barang. Yang paling populer di pasar ini adalah buah tangan atau oleh-oleh khas Arab. Tak heran pasar yang berlokasi hanya satu kilometer dari Masjidil Haram ini ramai diserbu para jamaah setiap musim haji dan umrah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar