Rabu, 26 Februari 2020

Menara Zamzam

Jika sudah melakukan ibadah umroh di Masjidil Haram, mungkin tidak akan asing lagi dengan bangunan tinggi menjulang bernama Zam Zam Tower atau Menara Zam Zam.

Zam Zam Tower letaknya berhadapan dengan Masjidil Haram. Zam Zam Tower diakui sebagai jam terbesar dan terakurat di dunia.

Pada awal Ramadan, tepatnya tanggal 6 Mei 2019 Museum Zam Zam Tower telah dibuka untuk umum. Museum ini menempati empat lantai teratas Menara Zam Zam di Mekah. Lantai pertama berisi informasi tentang matahari dan bulan, lantai kedua tentang pengukuran waktu, lantai ketiga menyuguhkan informasi tentang jam raksasa, dan yang keempat adalah balkon tempat pengunjung dapat menikmati pemandangan Masjidil Haram yang Indah dari ketinggian.

Makkah Royal Clock Tower adalah salah satu bagian gedung dari hotel Makkah Royal Clock Tower - Fairmont Hotel dan termasuk dalam komplek Abraj al Bait. Letaknya berada di depan Masjidil Haram dengan ketinggian sebesar 601 m. Menara yang semula akan dibangun dengan ketinggian 743 meter ini merupakan bangunan menara jam terbesar di dunia, bahkan mengalahkan "Big Ben" di London. Bangunan ini juga bangunan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.


Bentuk menara jam ini sangat mirip dengan menara jam raksasa Big Ben di London, tetapi ukurannya lebih besar 3 kali lipat. Jam pada menara tersebut pada malam hari akan berwarna hijau bisa dilihat dari jarak 17 km, sedangkan pada siang hari akan berwarna putih dan masih bisa dilihat dari jarak 12 km. Dua juta lampu LED di bawah jam dinyalakan lima kali sehari sebagai pertanda waktu shalat. Lampu ini bisa terlihat terangnya sampai 28 kilometer. Setiap bagian bawah dari semua sisi jam (ada 4 sisi) bertuliskan tulisan Arab yang bermakna kaligrafi, shalawat, dan kalimat dalam bahasa Arab. Pada atap menara terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang bertuliskan lafaz Allah.

Tiket untuk masuk ke Tower Clock dapat dibeli di lantai dasar Mal Zamzam Tower diatas pukul 11 siang Waktu Arab Saudi, nanti akan diperoleh Acces Card untuk bisa naik lift, harga tiket saat musim haji tahun 2019 atau 1440 H sebesar 150 real, bila hendak merasakan makan di Resto Tower Clock maka harga tiket sebesar 300 real. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar