Kamis, 27 Februari 2020

Masjid-masjid di Gate 6 Masjid Nabawi

Hotel Baroqah Uhud di Madinah letaknya di daerah Gate 6, sepanjang jalan dari dan ke Mesjid Nabawi melewati Masjid Al Ghamamah, Masjid Abu Bakar as Siddiq dan Mesjid Ali (dekat ke Gate 7), bahkan jaraknya tidak sampai 300 meter dari Mesjid Nabawi.

Slide 1 dan 2
Tempat di mana Masjid Ghamamah berdiri, dulunya adalah lapangan alun-alun yang amat luas di pusat Kota Madinah.
Ketika musim paceklik melanda Madinah, warga kota meminta Rasulullah SAW berdoa meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan. Rasulullah SAW pun mengerjakan shalat mohon hujan di alun-alun itu tidak berapa lama awan tebal muncul sehingga Mesjid Ghamamah disebut juga Mesjid Awan.

Slide 3 dan 4
Mesjid Abu Bakar as Shiddiq dilokasi tempat mesjid ini berdiri dulunya merupakan rumah kediaman Abu Bakar Siddiq, didirikannya masjid di tempat tersebut sebagai bentuk penghormatan. Luas Masjid Abu Bakar Siddiq ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Mesjid Al-Ghamamah.
==============
Masjid2 bersejarah ini memang tidak lagi menyelenggarakan sholat lima waktu, karena sudah dialihkan ke Masjid Nabawi yang kini sudah sangat dekat karena adanya proyek perluasan Masjid Nabawi.

Banyak merpati disekitaran masjid2 ini, ada yang bilang ini keturunan merpati kesayangan Siti Aisyah (versi masyarakat Madinah) ada juga yang bilang  merpati yang menyelamatkan Nabi saat bersembunyi di Gua Hira dengan bertelur didepannya dibantu laba2 yang membuat jaring (versi masyarakat Mekkah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar