Kamis, 31 Januari 2019

Tentang Printilan Lainnya

Cerita Receh ibadah Haji lainnya ..

Tulis semua obat2an yang kita bawa tanpa terkecuali dalam satu kertas yg rapi, nanti buat di attached di form imigrasi, tahu kan di form imigrasi ga cukup soalnya buat ngelist obat2an tsb. Kadang di Imigrasi suka di random check list nya, kalo list kita buat ga sesuai dengan obat2an yg kita bawa, obat2 tsb akan dibuang (jaga2 aja kalo kita yg kena random checknya), tapi kadang2 juga kalau hanya obat2an warung doang ya ngga perlu ditulis sih. 

Jangan bawa tas tambahan lain selain 3 tas yang sudah ditentukan sama pemerintah,  karena nanti di imigrasi itu jadi ribet, jadi selama di bandara kita cukup dengan 1 tas cabin dan tas passport, untuk itu packing musti rapih. Packing semua pakaian digulung biar save tempat.. Intinya jangan bawa gembolan banyak2, haji ini bener2 diuji kesabaran karena banyak jamaah dengan segala macam gaya dan kebiasaa , ( 1 kloter yg berangkat 1 pesawat itu 450 orang, jadi bakalan banyak antri dsb, kalo bawa banyak gembolan nanti kita mumet ada yg ketinggalan dan jadi repot.

Semua barang sebisa mungkin dinamain yah pake spidol permanen, termasuk baju sampai celdem, untuk menghindar tuduh2an ini barang siapa, dipake siapa, diambil siapa, takut jadi banyak mudhoratnya selama disana lagian juga kalau ketuker kan rasanya ngga enak yaa, apalagi kalau pakaian dalam....

Kartu HP yang saya pakai kemarin tetap Telkomsel ambil paket haji, tahun 2019 yang buat 40 hari paket internet tanpa telp harganya 800 ribu, ngga pake nelpon karena sekarang nelpon pake WA kan lebih enak, bisa VC lagi. Ada banyak paket internet murah 49 real sebulan Zein dan yg afiliasi sama Axis yaitu STC atau Sawa. Paket Three juga ada, diasrama haji Bekasi nanti banyak yang nawarin, cuman usahain hapeny dua simcard ya biar ngga buka copot. 

Jangan belanja barang2 Cina, lebih mahal harganya dari di asemka,disana kalau mau belanja yang murah itu parfum, jam , karpet, dan sajadah, yang worth itu sajadah yang di toko namanya Museum (itu banyak di mall2 Mekah, Jeddah, Madinah, sedikit mahal, tapi jarang ada di Indonesia motif dan bahannya).

Cobain deh Es Krim Movenpick kalo lagi ga batuk, di Grand Zam2 ada di Lantai food court nya, 10 real tapi enaaakkkk bangettt. Kalau ke Mal Zamzam Tower ini, mampirlah ke Grapari Mekkah, makanan Indonesia semua, dari selesai subuh atau sekitaran jam 6 pagi waktu saudi sudah buka...benar2 obat penawar rindu masakan Indonesia.

Cobain Ayam Albaik (Kentucky nya Arab) . Kalau saya lebih suka makan ini, setiap yg umroh atau haji, ramai ramai makan albaik . Belinya di Jeddah aja pas mau pulang. Karena Albaik ini 1 porsi 12 real, dan itu isinya ayam 4 potong gede gede, satu roti burger dan kentang goreng. 

Cobain juga ayam Al Tajaaj (ada di Bin Dawood), ini ayam panggangnya asli enaaakkk banget .. makannya pake nasi mandi .. haduh .. ngeces deh saya..

Jangan lupa mampir ke Bin Dawood, atau toko kosmetik ..Beli Olive oil, sabun olive, body lotion, shampoo .. pokoknya yang serba yang olive olive disana aja.. buat dibawa kesini hehehe disana vaselinenya aja beda lohh .. selain lebih murah, sepertinya ingridientsnya  lebih bagus, lebih pekat..

Kalo mau bawa handphone yg ada kameranya biasanya suka diperiksa Askar yg jaga, ga bakalan bisa, buat ngakalinya selipin di kaos kaki, termasuk kamera pocket yg tipis . Di Madinah, askarnya ketat, temen saya bawa boneka unta aja ngga boleh masuk sholat di masjid, soalnya takut untanya bunyi ha ha ha . Kalau di Mekkah askarnya ngga terlalu ketat, jadi bisa cuek bawa hp kamera BB kedalam masjid.

Kalo hari Jumat, usahakan jam 10 paling telat udah ada di Masjid, karena peuneeeehhh buangeetttt pas jumatan, bisa2 kita Cuma dapet di pelataran toko, dan panassssss kalo dapet di pelataran masjid. Paling enak itu bisa dapet di lantai 2 depan multazam (di Alharam), bisa liat imam masjidnya kasih ceramah).

Beli Kurma di Madinah aja, paling murah di masjid quba, utk ajwa (kurma nabi, saya dapat harga murah di percetakan quran, 20 real sekilo, Kurma yg enak menurut saya, rooftop, dan itu kurma yg paling cepet busuk, tapi kalau mau beli buat oleh oleh lebih baik beli kurma muda, tapi sehari sebelum pulang yaa, ini khusus vuat jamaah gelombang dua. Terus, ngga usah beli kurma pas ziarah di kebon kurma, soalnya  harganya lebih mahal, biasa, include tips buat supir bus…he he he

Untuk kloter awal yang ke Madinah dulu, safe energy ya! Karena puncak proses haji masih jauh, tapi itu nanti ceritanya dehh .. Dan jgn banyak belanja di awal awal, karena ribet nanti bawa2 barangnya, pengalaman lihat jamaah lain..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar