Selasa, 29 Januari 2019

Tentang Apa Yang Harus Dibawa Saat Berhaji

Biasanya masing2 embarkasi pemberangkatan/KBIH selalu mengadakan seragam batik yang harus dipakai waktu masuk asrama dan berangkat naik pesawat. Jadi mau tidak mau seragam batik pun nantinya harus ada dalam koper kabin. Sehingga membutuhkan tempat. Bawalah isi koper seperlunya meliputi dan kurang lebih :

1. Pakaian ihram sebaiknya bawa 2 pasang saja, bagusnya 1 terusan dan 1 stelan baju celana. (Yang terusan dipakai ketika tiba di Jeddah dan yang stelan disimpan untuk dipakai di arafah). Sejak pemberangkatan 8 dzulhijjah kita akan memakai baju warna putih sampai tgl 10 dzulhijjah. 

Pengalaman banyak jemaah sih bajunya nggak ganti sampai selesai melepar jamarat pertama. Yang diganti hanyalah pakaian dalamnya. Katanya percaya atau tidak bajunya gak bau sama sekali selama kita wukuf.

2. Pakaian terusan untuk sehari2  (kalau bisa berwarna gelap)  3 pasang + hijab/atasan mukena (untuk dipakai sehari-hari ke mesjid). Karena biasanya di mesjid itu dzuhur sampai isya, jadi satu hari hanya pakai 1 baju. Balik shalat Isya dari mesjid langsung dicuci lagi. 

3. Pakaian untuk tidur cukup 2 pasang. (2 daster batik panjang yang bisa juga dijadikan baju terusan karena bahannya yang adem)

4. Celana legging 3 pcs cukup untuk diganti setiap hari. Ini dipakai kalau baju terusan kita dirasa agak tipis atau bahan chifon.

5. Underwear (cukup 6 bra dan 12 celana dalam. Kalau yang ini wajib diganti setiap hari karena keringatnya nempel semua).

6. Mukena (3 atasan dan 1 bawahan). Kalau ke mesjid  hanya pake atasannya. Bawahannya sengaja dipakai kalau-kalau kita shalat di kamar. Karena atasan mukena bisa dipakai sebagai ganti fungsi jilbab panjang.

7. Kaos kaki disarankan yang bagian telapak kakinya berwarna gelap (saya bawa 8 pasang karena saya agak males nyuci kaos kaki. Kaos kaki ini dipakai untuk shalat di mesjid dan setiap keluar hotel. Kaki kan termasuk aurat jadi tetap harus ditutupin).

8. Sarung  2 buah untuk dipakai tidur.

9. Dalaman ciput untuk jilbab. Cari yang biasa dipakai agar tidak sakit kepala. 

10. Handuk sedang dan handuk kecil (untuk dipakai di arafah). Handuk kecil dibasahin, peras sedikit kemudian taruh diatas kepala. Karena suhu di arafah  bisa mencapai 42 derajat, walaupun tendanya tenda seadanya dan sekarang ada 2 kipas angin dan 1 pendingin udara untuk 1 tenda ukuran sedang. Pilihlah handuk yang tidak terlalu tebal.


• Bekal Makanan

Dapet jatah makan sih 2 x sehari tapi yah tidak semua orang cocok dengan rasanya. 

1. Indomie, popmie, atau mie gelas tergantung selera. 

2. Abon, sardencis atau kornet, setoklah secukupnya

3. Suka ikan asin? Bawalah ikan asin yg sudah diolah misal teri yang dicampur sama tempe, ikan kering yg sudah digoreng kemudian ditumbuk-tumbuk halus. Kentang kering balado. Eneg makan daging setiap hari.Tapi ingat bawa secukupnya. 

4. Garam, abon cabe/saos cabe kesukaan cap jempol atau belibis, kecap manis, gula pasir dan teh/kopi sachet. Kalau mahtab dekat swalayan Bin Dawood sih enak bisa groceries setiap saat.

5. Karena makan tidak selamanya ditanggung bawalah minimal 2 liter beras untuk dimasak. Biasanya jamaah ada yang bawa rice cooker atau panci listrik ajaib yang bisa dipakai buat bikin nasi liwet atau indomie. 

6.Snack kesukaan, permen manis dan rasa mint, bawalah secukupnya. Persediaan untuk bisa dimakan saat berada di asrama haji, di pesawat dan di mesjid. Karena jarak untuk membeli makanan jauh dan antrian biasanya panjang. 


Printilan lainnya

1. Alat makan jangan lupa dikasih nama karena rentan tertukar (sendok garpu, gelas dan piring plastik).

2. Hanger untuk menjemur pakaian/mukena. Cukup bawa 2 hanger. Kalau mau bisa bawa tambang plastik kecil. 

3. Detergen cair sachet 1 lusin saja. Praktis untuk cuci baju dan pakaian dalam. 

4. Spons cuci piring dan sunlight cair yg kecil.

5. Peralatan mandi bawa aja yg travel size. Misal shampo yg 100 ml, sabun mandi cair juga 100ml, pasta gigi juga yg kecil aja. 

Ingat barang cair yang lebih dari 100ml harus disimpan di koper gede, karena akan ditahan dan diambil pihak bandara, karena ini penerbangan internasional. 

6. Bawalah gunting dan pisau kecil di dalam koper, jangan disimpan ditas kabin atau tas slempang, karena pasti akan diambil dan dibawa pihak bandara.

7. Colokan listrik kaki 3 juga penting apalagi di arafah ga ada colokan jadi sedia power bank.

8. Sendal/sepatu yang nyaman. Kalau mau bawa juga sendal swallow. Sendal/sepatu ini ampuh dipakai jalan 10km PP ke jamarat. 

Di Mekkah kita mengandalkan jalan kaki jadi harus pakai yang nyaman.

9. Minyak kayu putih, koyo, hansaplast, obat sakit kepala macam panadol, parcok atau obat sakit pereda nyeri macam mefinal, lip balm, sunscreen, parfum kecil, fresh care, antangin, diapet atau dulcolac, dll. Sesuaikan kebutuhan. Sunscreen itu perlu banget biar muka ngga belang. 

10. Kacamata item (sunglasses) dan topi lebar. Sinar matahari disini sangat menyengat. Tapi karena sekarang juga di Mekkah-Madinah sering hujan, kalau tidak ribet dan koper tidak penuh bisa bawa payung lipat.

11. Tas slempang kecil atau ransel kecil yang bisa muat sajadah kepala, botol air minum kecil dan cemilan. Jangan lupa kresek untuk masukin sendal. Kalau ke mesjid pakai sendal yang ringan biar enteng di dalam tas/ransel.

12. Bawalah lakban coklat untuk jaga-jaga ketika packing. Jangan lupa tali bentuk jaring-jaring untuk koper. Karena koper pembagian ini bahannya murahan jadi cepet rusak. Gak mau kan nyampe di jeddah isi kopernya berhamburan.

13. Gak usah bawa sajadah besar, bawa sajadah untuk kepala saja, atau nanti beli aja yang tipis untuk dipakai di mesjid. 

14. Pembalut kemasan kecil. Atau panty liner buat jaga2 agar celana dalam tidak basah.

15. Bantal leher. Perjalanannya jauh loh. Bisa dipakai saat dipesawat. Terus berguna juga dipakai selama wukuf. Atau bawa bantal kecil bentuk kotak yang biasa dipakai anak2.

16. Bawa sarung bantal untuk tidur, karena semua bantal sarungnya sama, ini buat membedakan bantal kita dengan bantal jamaah lain. Kalau mau bisa bawa spreai atau gunakan sarung buat alas kasur. Bisa dipakai juga saat wukuf. 

17. Bawa buku doa, bisa dibaca dipesawat atau di mesjid nantinya, tasbih juga perlu. 

18. Jangan lupa bawa kunci gembok buat tas koper dan 2 buat cadangan,  selain tanda/ciri khas koper dari masing2 embarkasi/KBIH, buatlah sendiri tanda/ciri buatan kita masing2, karena saat nanti tiba di bandara, semua koper menjadi tanggung jawab kita masing2. 

============BELUM================

19. Spidol permanent tahan air dan alat tulis bawa selalu. Berguna saat kita akan menandakan barang2 milik sendiri atau saat akan mengirimkan paket ke tujuan.

=============BELUM===============

20. Alat komunikasi seperti handphone dengan charger dan powerbank. Kartu provider jangan lupa diset dahulu untuk menggunakan data paket haji selama 40 hari.

==============BELUM==============

Karena beribadah haji selalu dengan pasangan suami/istri, apa saja yang akan dibawa diatas, sebaiknya masing2 ditempat tas sendiri. Untuk menghindari kerepotan2 selama perjalanan ibadah haji.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar