Kamis, 31 Januari 2019

Tas Koper Haji

Persiapan mau berangkat haji

Penting, medical check up (MCU) yang serius. Jangan Cuma formalitas aja, karena nanti akan menyulitkan jamaah yang lain nanti kalau sampe sakit disana . Nanti ketahuan ada penyakit apa, bisa di obatin dulu, minimal, sudah bawa persediaan obatnya ke sana. Dokter kloter Cuma bawa obat standar, kadang penyakit apapun antibiotiknya sama itu itu aja, tergantung stok obat yang ada, kalau di rujuk RS setempat, nerangin penyakitnya aja susahnya minta ampunn sama dokternya. Soalnya dokter disana jarang bisa ngomong enggress .. jadi yah agak agak pake body language gitu dehh. Selain MCU, perlu juga vaksin, yaitu meningitis (di wajibkan sama depag) dan vaksin flu (ini anjuran, tapi menurut panda ini penting banget, supaya nanti kalau kena flu ngga separah kalau ngga vaksin samsek. Memang benar, disana saya terjebak badai pasir tanpa memakai masker, Besokannya batuk, tapi Alhamdulillah ngga sampe batuk parah. Awal di Mekkah juga sempet flu pun tapi Alhamdulillah cuma 2 atau 3 hari udah sembuh.

Yang kedua penting, yaa packing packinglah . Apa yang di packing ? Kalo ini saya punya kebetannya .. dari guru kungfu (panda) hehehe .. tak copas, tapi saya modified sedikit sesuai dengan kebutuhan saya ..

Koper Bagasi (dapet dari Depag) max 32 kg :

–          4 Gamis plus leggingnya , biar ngga nerawang (including baju ihram, putih putih , kalau bisa 2 , manfaatnya kalau disana sering umrah, jadi bisa ganti2 ) sebenernya utk thawaf tidak wajib pakai baju warna apa, hanya saja Rasul kita menyukai warna putih .. jadi yaa ambil sunnah sunnah nya aja ya. Disana bisa beli gamis lagi kalo kurang kok .. gamis hitam hitam itu harganya variatif tergantung swarovski apa ngga ..he he he…itu tempatnya di Hilton atau gedung sampingnya, Bin Dawood, dan bisa ditawar.

–          2 Baju daster yg bentuknya abaya

–          2 mukena atasan (putih ya, buat ihram), disana yg kepake Cuma mukena atasan aja, karena selama disana kita kebanyakan pake kaos kaki, udah bisa sholat)

–          20 pasang kaos kaki. Pilih warna hitam, biar ngga keliatan dekil,..hehehe.. Penting banget bawa kaos kaki banyak, di sana kaos kaki bisa ganti tiap hari, dan temen serombongan kadang ada yang kehabisan, jadi bisa di sedekahin atau buat ngepacking botol zam zam . (Ini buat yg niat pgn bawa zam zam pas pulang banyak loh .. secara naik Garuda, Cuma dpt jatah zam zam 5 lt ).

–      6  Bergo, yang warnanya senada sama gamis, ( kmrn saya hanya bawa putih 2, hitam 1, dusty pink 1 , ungu dan  hijau tosca (senada sama batik depag) ..kalau bisa bawa yang sekalian Bergo panjang, biar bisa jadi mukena juga, kadang mukena suka kehabisan kan kalau males nyuci . Kalau setiap hari thawaf, pulang thawaf pasti mukena bau, soalnya kita berdesakan, secara kita mini2, kepala kita bisa dibawah keteknya orang turki atau afrika .. hihihi .

–          12 Hanger kawat buat jemur . Jangan lupa dibawa jg pas ke tenda ya,.. antisipasi siapa tau dapet kamar mandi yg ngga ada gantungannya ..

–          Tali Tambang (10 meter) buat bikin jemuran. Bawa 2 ya..Kalau hotel udah penuh, susah dapat space buat jemur, trus buat bikin jemuran handuk, kutang dan celdem juga di kamar hehehe

–          Jepit jemuran yang banyak, soalnya disana jemur pasti di lantai atas maktab, anginnya gede banget . Bagusnya, soalnya jemur jam 10 pagi, jam 3 an udah garing.

–          Tissue kering & Basah

–          3 Handuk kecil yg ngga tebel (buat mandi, buat ke tenda (irit tempat di koper), buat tutup kepala kalau ngga bawa payung pulang dari masjid panass,)

–          1 Kain Jarit Batik, di maktab ngga dapet penggantian sepre, jadi buat yg gampang gatel kek saya, penting banget ini.

–          Masker yg banyak , kemaren beli sampe 2 kotak, itu pun habis, masker ini yg paling boros dipake disana, soalnya bisa di sedekahin juga ..kalau bisa beli masker yg dari bahan ya,,  yg putih ,,kalau kepanasan bisa di semprot air zam zam .

–          Tas selempang dari Bank pas pelunasan termasuk tas sendal bawa aja., jadi kalau mau ditinggal disana ngga sayang .. hehehe .. ini manfaat buat di tenda,.. juga manfaat kalau mau lama2 nunggu waktu sholat di mesjid. Oh iya, dari Bank pas pelunasan, biasanya kalau perempuan dapet mukena, jaket dan ransel, kalau laki laki dapet kain ihrom buat umroh kalau mau disana. Buat laki laki beli spare kain ihrom 1 lagi, yang bagusan utk wukuf di arofah ..,atau kalau mau dibawa pulang lagi, kan bagus buat ganti kain kafan .. Eniwey, ransel ini bisa dibawa buat ziarah biasanya kita langsung umroh sunnah, jadinya buat bawa kain ihrom. Dan ngga sayang kalau ditinggal di sana.

–          Gelas, sendok, mangkok, piring (pilih yg bahannya melamin,supaya ngga pecah di koper, dan kalo ditinggal disana ngga sayang, irit space di koper). Di Mekkah sama Madinah dapat jatah catering sore dan malam termasuk dikasih snack juga. Palingan makan pagi kita haruz nyari. Tapi banyak koq yang jual, 5 real sebungkus mika, tapi rasanya memang ngga karuan. Kalau mau enak dan kenyang saya biasa makan di Grapari Telkomsel habis sholat subuh. Nasi goreng sepring penuh 10 real, bakwan 5 real dapat 4, kalau beli dipinggiran hotel pagi2 bakwan 2 real tapi isinya terigu, sayurannya sedikit.

–          Gula , Garam, Merica (penting bawa, disana makanannya kurang bumbu), Sambel terasi ABC disana jadi rebutan hehehe sambel botol arab ngga ada yg enak, Oh iya, bawa kecap cabe ABC, disana sering dpt catering ikan goreng,lumayan bisa buat cocol cocol. Bawa yg sachet sachet ya.

–          Teh or kopi alhamdulillah dikasih sama pemerintah indonesia..banyak juga, sambel botol dan kecap juga ada, gelas beling sama sendok juga lengkap.

–          Selai coklat, meses, mentega, perlu juga, disana suka banyak yang bagi bagi roti.. jadi buat spread lumayan . Kalo spread cheese beli disana aja, murahhhhh .

–          beli Kettle (cari yg paliiing kecil), buat ngeteh atau ngopi.,..kemaren dapet maktab di madinah yang ngga boleh ada teko listrik di kamar, hotel barokah uhud cuman sedian galon aqua panas di pojokan kamar....jadi favorit bgt buat yg mau bikin pop mie. Di Mekkah hotel Al Zaer Al Khalil masih sediakan teko listrik jadi enak bisa bikin kopi. 

–       Pisau dan gunting, gunting kuku, semua pasti perlu. Pisau buat motong buah2an. Disana subhanallah, buah buahan berlimpah, apel jeruk Sunkist, anggur . Gunting buat tahalul, gunting kuku buat ngegunting kuku ..ambil sunnah rasul pas hari jumat. Jangan lupa buat suami di bawain juga. Secara kita misah misah kamar .. he he he daripada repot sendiri. 

–          Colokan Listrik.. hihihi seneng banget. Manfaat banget loh, secara disana titiknya beda, bawa juga kabel terminal, disana 1 kamar kadang hanya 1 colokan. Di kamar bisa ber 5 atau ber 6 orang. Bayangin ribetnya kalo colokan cuman 1. Colokan kepala 3 memang banyak yang jual tapi lebih baik langsung bawa dari Indonesia.

–          Indomie, abon, bumbu pecel, pokoknya bawa semua, disana makanan bener2 ngga sama ama lidah, jadi butuh doping supaya bisa ketelen .. #lebay… hehe ..Packing dalam plastic kecil2 ya.. buat sekali makan ..jadi ngga cepet berubah rasa. Snack kayak chiki dan taro disana banyak biasanya keluaran dari bangladesh, harganya paling murah 2 real. 

–          Stock Obat2an , yang penting, pil KB, obat batuk mextril, komix cair, tolak angin, tolak angin flu, obat gatel buat yg sensitive kulitnya, obat sariawan takutnya ada yg panas dalam (tau ngga bahasa inggrisnya sariawan), jangan lupa antibiotic buat batuk dibanyakin, kalopun kita ga pake bisa buat kasih ke jama’ah lain yg sakit. Permen Ricola or Fisherman friend, permen2 pelega tenggorokan lainnya. Penting buat bawa obat obatan yang cukup. Menerangkan  sakit apa dan butuh obat seperti apa di pharmacy pake bahasa urdu itu susah banget jendral. Kalau susah sekali bawa bungkus obatnya tunjukin saja sama mereka nanti biasanya dikasih merk berbeda tapi ingredientnya sama. 

–          Disana kemana mana pakai sendal jepit, usahakan bawa spare 1 (incase ilang, karena sendal di sana jelek2 made in china, kecuali mau beli yg branded di mall). Sendal jepit enaknya cepet kering kalau dipake wudhu, dan anti jebol hehehe .. tapi siap siap menipis aja .. karena kebanyakan jalan..

–          Kain Pel , sapu lidi yang dipotong pendek2 jadi 20cm, karena disana ngga ada cleaningservice buat kamar, jadi bersihin kamar masing2 sendiri. Kalau pun ada office boy, bisa minta ganti spreai sama sarung bantal, sekalian lantai divacuum, saya biasa ngasih ke mereka 15 real untuk 4 tempat tidur. 

–          Sleeping bag dan Bantal tiup (ini berguna buat di tenda), senter dan batrenya . yang kecil aja .. buat nyari batu di musdalifah nanti.

–          Rinso cair sachet, biar irit air disana, Rinso cair ini ngga banyak busanya , jadi cukup rendem sebentar, sama kucek dikit, ngga perlu bilas lama2 ., *asli bukan iklan*

–          Beli paket Haji wardah, disana semua kepake, dari mulai odol sabun top to toe, dan itu semua non perfume, karena pas ihram kita ngga boleh pake wangi wangi. Trus semprotan airnya asli manfaat banget buat di isi air zam zam, bisa buat wudhu, di masjid toilet jauh, wudhu mending semprot2 aja. Apalagi buat yang suka di masjid, dari ashar sampe isya, pasti habis tadarus pengen rebahan, tidur,kan batal wudhunya tuh .. ha ha ha ini sih curcol.

–          Disposal Panty , perlu utk di asrama haji, tenda, Jeddah, jadi ngga perlu cuci celdem.., kemaren bawa 2 box isi 6, Alhamdulillah cukup. Bawa juga panty line. Disana Alhamdulillah ngga dapet haid, soalnya aku pake pil KB tanpa jeda lanjut terus, sayang kalau udah jauh jauh kesana tapi haid. 

–          Kutang dan Celdem. Bawa juga kaos dalem yang ada kantong doraemonnya, jadi uang kita bawa kemana mana. Disana ada jamaah yang  tas nya kecopetan, jadi untuk mencegah hal seperti itu, baiknya kita berhati hati, Atau beli money belt, di thawaf kita berdesak desakan , just to be safe aja. Buat yang punya kulit sensitif seperti saya, pakai kaos doraemon memang setelahnya badan jadi gatal2 dan merah karena keringat memang lebih enak bawa tas slempang besar transparan. 

–          Sun Glass alias kacamata cengdem, saya bela belain minusin cengdem, alhamdulillah kepake bgt, soalnya disana panas sehkahleee, kalo pake cengdem kan jadi adem… bawa juga Payung Lipet kecil , topi lebar, eh disana ada topi yang bisa jadi payung., buat thawaf jd ngga kepanasan, tapi saya juga lebih sering bawa sajadah tipis, selain buat alas sholat kalau terpaksa sholat diluar mesjid, juga bisa buat tutup karpet biar debu ngga langsung masuk hidung juga buat tutup kepala kalau pergi dan pulang dari mesjid ke penginapan.

Koper besar kita ngga lama2 di rumah, dapat dari depag 2 minggu sebelum berangkat, lalu kita packing dan serahkan sama bimbingan, lalu ketemu sama koper lagi pas di hotel di mekkah.

2 hari terakhir di mekkah, sebelum berangkat ke Jeddah utk pulang ke Indonesia, kita pun udah penimbangan buat koper, jadi ketemu koper lagi di asrama haji, pas pelepasan pulangnya jamaah haji.

Sediain kerudung tipis bagi 2 saja, cari warna yg mencolok buat di tempelin atau digantung (kalo perlu dijahit) di koper dan di tas Kabin, sebagai penanda, biar gampang kalo nyari koper kita, karena ribuan jamaah kopernya samaa semuaaaa. Itu efektif banget, karena rata2 orang pake pita, tali dsb.

Jangan lupa tali buat bungkus koper, kemaren sih saya dari bimbingan sudah dapat plus talinya  ini penting banget buat  mengantisipasi koper jebol warna talinya sesuai zonasi wilayah ya, kabupaten bandung barat tahun 2019 warnanya kuning, dan juga buat kalau disana mau beli sajadah tebal, jadi sajadah di taroh diluar koper diantara tali. Kata pak ustadnya, semua 3  koper (koper,tas kabin, tas paspor) boleh hamil, tapi ngga boleh ngelahirin.

Kalau mau bawa air zamzam, lebih baik beli botol minum plastik, beli 2 botol yang pakai tali panjang, jadi pas dibandara pulang, boleh koq masuk ke pesawat. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar