Senin, 14 Januari 2019

Tentang Pendirian PT

Data pendirian PT


 


Nama PT


Nama PT harus unik, artinya belum pernah dipakai perusahaan lain, baik yang bergerak di bidang yang sama maupun sebaliknya.

 


Tempat dan kedudukan PT


PT harus memiliki alamat yang jelas dan legal, sebab akan berkaitan dengan perizinian di wilayah tempat didirikannya perusahaan. Jika lokasi perusahaan tidak terdeteksi atau terlibat dalam sengketa, pihak terkait dapat menolak permohonan perizinan.

 


Maksud dan tujuan PT


Bagian ini meliputi komponen kegiatan operasional yang akan dilaksanakan perusahaan, bidang usaha, serta ruang lingkup usaha. Berdasarkan Pasal 3 Akta Pendirian PT, ada dua hal yang wajib dijelaskan dalam bagian ini, yakni bidang usaha dan perizinan khusus. Misalnya, jika usaha Anda bergerak di bidang restoran, Anda pun harus mendapatkan izin usaha restoran.

 


Struktur permodalan PT


Berdasarkan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, perusahaan harus memiliki modal dasar dengan besar minimal Rp50.000.000, yang mana 25 persennya harus ditempatkan dan disetor.

 


Daftar pengurus PT


pengurus PT terdiri dari direktur dan komisaris. Jika di perusahaan terdapat direktur lebih dari satu orang, salah satunya harus diangkat menjadi direktur utama.

 

Syarat tersebut juga berlaku bagi jabatan komisaris. Direktur memiliki tugas dan wewenang untuk memberikan tanda tangan serta melaksanakan tugas operasional sehari-hari. Sementara itu, komisaris lebih berperan dalam proses pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan perusahaan.

 


Akta pendirian perusahaan di notaris


Pembuatan akta pendirian tidak harus dilakukan di daerah tempat perusahaan didirikan. Pemohon dapat menggunakan jasa notaris mana saja, selama terdaftar di Kemenkumham dan telah mendapatkan SK pengangkatan. Nantinya, seluruh pendiri PT wajib menandatangani akta pendirian perusahaan.

 


Surat keterangan pengesahan pendirian perusahaan


Setelah membuat akta pendirian perusahaan, notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Kementerian Hukum dan HAM. Setelah resmi menjadi PT, maka perusahaan dianggap sebagai subjek hukum baru yang memiliki kewajiban melekat.

 


Izin domisili


Perusahaan wajib menyertakan surat izin domisili dari kelurahan tempat kegiatan operasional perusahaan berlangsung. Surat izin domisili berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang.

 


Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan


NPWP merupakan tanda pengenal wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara. Selain NPWP, perusahaan juga akan menerima Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak).

 


Izin usaha


Agar dapat melaksanakan kegiatan operasional, perusahaan perlu mengantongi SIUP. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang usaha khusus, seperti pariwisata, SIUP yang dibutuhkan pun berbeda. Biasanya, SIUP akan dikeluarkan oleh instansi yang menaungi bidang usaha tersebut.

 


Tanda daftar usaha pariwisata


Khusus untuk PT yang bergerak di bidang pariwisata, tanda daftar usaha pariwisata dapat berfungsi sebagai pengganti SIUP. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) merupakan persyaratan wajib bagi siapapun yang ingin mendirikan perusahaan di bidang pariwisata.

 


Tanda daftar perusahaan


Setelah mengantongi TDUP atau izin usaha lainnya, perusahaan dapat mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Jika seluruh dokumen ini sudah lengkap, perusahaan dapat dinyatakan legal.

 

Tanda daftar perusahaan berlaku selama lima tahun. Setelah masa berlakunya habis, TDP wajib diperbarui.

 

Proses pembaruan TDP ini biasanya hanya memakan waktu tiga hari.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus