Kamis, 31 Januari 2019

Tas Paspor

Tas Passport 

(Tas slempang)

(dapet dari Depag)

Tas ini paling kecil, tapi paling buluk nantinya .. soalnya di bawa kemana mana. Ini kalau malas bawa tas selempang ke masjid, bawa tas paspor ini kemana2 aja. Pasangin tali ekstra pengaman dipinggang buat tas ini, buat antisipasi supaya ngga putus. Kemaren sih saya pasang tali pengamannya di Cibening Purwakarta saat mau berangkat ke asrama haji..harganya lumayan 35ribu hasil menawar....

Dokumen imigrasi . Lembar B sobekan dari paspor. Paspor wajib dikumpulin di bimbingan bareng dengan koper besar, jadi kita sama sekali ngga pegang paspor disana. Saya juga bawa copian KTP dan KK. Selipin aja di tas slempang.

Alquran kecil atau buku doa atau majmu syarif kecil jadi ukurannya pas disana bisa dimasukkan ke tas paspor. Di pesawat bisa mulai tadarusan  atau baca2 kalau ngga tidur or bosen atau kalau tidak terganggu sama godaan film2 baru yang belum ditonton.

–          Minyak angin (biar mudah, kalo pas masuk angin selama di pesawat)

–          Perjalanan sampe ke Madinah itu 9Jam, jadi usahakan tidur yg cukup selama di pesawat, karena begitu sampe Mekkah kita mau ambik umroh wajib. Karena itu tidur sangat perlu yang cukup. Karena pesawatnya sempit biasanya agak susah tidur, sesuai tips dari guru kungfu itu, 1 jam setelah di pesawat minum Antimo atau obat sakit kepala, sehingga saya tidur pulas, bangun pada saat2 dikasih makan, trus bisa tidur lagi, sampe Mekkah lumayan fresh. Efek antimo itu bikin kita ngantuk kurang lebih selama 5 jam. Sebenernya ada lagi obat tidur model CTM (biasa ada di campuran obat batuk) itu juga lebih manjur buat udah yang ngga mempan antimo.

–          Sajadah kecil, Quran buku kecil, Cengdem, lipbalm, masker, semprotan zam zam dan botol kecil yang 500 mili utk nadahin zam zam ( Ini barang apa aja yang kita bawa kalau kita mau jalan ke masjid selama disana ya, bawa tas kecil paspor ini sudah cukup bawa barang barang ini..) .

Tapi sebelum berangkat ibadah haji saya juga sengaja beli tas slempang transparan harganya 60 ribu di Bursa Sajadah, lebih sering dipakai karena bisa masuk sendal, snack, buah2an dan botol tupperware. Karena seringnya kita beribadah di mesjid.


Kalau tas pasport dari Depag masih harus bawa tas sendal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar