Sabtu, 26 Agustus 2017

My Little World

Saat ini saya tinggal di apartemen bersubsidi atau rusunami. Dari lantai 10
tempat yang saya diami, melalui jendela kamar, saya dapat menyaksikan sebagian kota Jakarta. Walaupun ruangan ini hanya berukuran 36 meter persegi, dengan 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan kitchen set dengan bak cuci piring, serta kamar mandi. Ada tivi, kulkas, AC dan perabot meja, sofa, lemari, tetapi bagi saya sungguh merupakan suatu karunia yang luar biasa. Oh iya..satu hal mengenai tinggal di apartemen dengan lahan minimalis seperti yang saya miliki ternyata invest in the best sofa you can afford!
Kenapa? Karena sofa ternyata jadi pusat kehidupan. Kalau di rumah kan duduk2 dan ngobrol2 bisa di teras, di ruang makan, even di dapur! Kalau di apartemen dengan lahan terbatas : you do a lot of things sitting on the sofa! ngobrol, nonton tivi, terima tamu, bahkan makan pun di sofa, jadi, mending beli yang bagus dan tahan lama, lebih bagus lagi malah kalau multifungsi. Satu lagi... Untuk ngakalin jarak yang begitu jauh dari parkiran ke tower saya tinggal, saya sengaja beli trolley belanja.. lumayan untuk angkut barang belanjaan... sangat kebantu ! Karena tidak ada yang dapat saya lakukan setelah membersihkan ruangan, saya punya kebiasaan memandang ke parkiran dari balkon sempit, (tempat mesin AC yang berbagi dengan jemuran penuh resiko), saat suami pergi dan pulang kerja, dadah-dadah saat dia melihat ke atas, persis kelakuan anak ingusan, yang lebih parah, saking dekatnya rumah makan, minimarket,  ATM, salon, apotik, atau laundry, saya jadi tambah malas ganti baju. Alhasil setiap saya ada keperluan turun, saya pakai baju daster yang dilapis sweater biar nggak malu-maluin banget. Mungkin bagi orang lain, apartemen seperti yang saya miliki, tidak ada apa2nya. Tapi saya tidak pernah mau membandingkan apa yang saya miliki dengan orang lain,
karena akan mengurangi rasa syukur. Bahkan kalau sering kali dilakukan, akan menjadikan kita orang yang tidak tahu bersyukur. Jarang ketemu tetangga, parkir susah dan mahal, charge this charge that, berbagi lift dengan penghuni lain, 
itu seninya tinggal di apartemen. Ada kemudahan-kemudahan yang ditawarkan selain kebingungan dan kekurangannya. Hidup dimanapun pasti ada suka dukanya. Semua pilihan ada konsekuensinya. Semua tergantung dari diri sendiri, di antara segala kemudahan dan
kesulitan yang ada, bukankah pilihan kita sendiri mau tinggal dimana...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar