Rabu, 14 April 2021

Gua Tsur


Gua Tsur berlokasi di sebuah bukit yang bernama serupa, bukit Tsaur (Jabal Tsaur). Letaknya di sebelah selatan kota Mekkah. Orang arab menggambarkan bukit Tsur ini seperti perahu terbalik dengan punggung perahu menghadap ke atas.

Tidak mudah untuk mencapai lokasi Gua Tsur, apalagi kebanyakan jamaah umrah dan haji yang sebagian besar berusia lanjut. Butuh waktu setengah jam mendaki. Pasalnya, lokasi Gua Tsur berada diketinggian 748 menter dari permukaan laut, artinya lebih tinggi ketimbang Gua Hira yang hanya 458 meter dari permukaan laut..

Menurut riwayat para ahli sejarah, jarak kota Mekkah ke Gua Tsur mencapai 14,4 km. Hal tersebut dihitung merujuk pada rute masa itu. Di era modern, jarak Mekkah menuju Gus Tsur hanya 6 Km.

Dituliskan Ganaislamika, Tsur sendiri sebenarnya berarti sapi jantan. Tetapi penamaan ini berasal dari orang yang pernah tinggal disini, Tsur bin Abi Manaf bin Add. Nama asli bukit ini adalah Ath’hal, yang berarti berwarna kelabu. Kemudian nama ini berubah menjadi Tsaur Ath’hal, dan akhirnya disebut Tsaur, atau sekarang menjadi Tsur

Berikut detail Gua Tsaur:

Panjang gua 18 jengkal atau sekitar 3,5 meter.

Tinggi dan lebarnya masing-masing sekitar 5 jengkal atau 1 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar