Jumat, 29 Maret 2019

Sofa dan Marwah

Bukit sofa dan Marwa adalah dua buah bukit yang berada di dekat ka'bah, jarak antara Sofa dan Marwa antara 500 s.d 600 meter. Berjalan antara Sofa dan Marwa sebanyak 7 kali merupakan salah satu rangkaian dari ibadah Umroh yang harus dilakukan para jama'ah. Bukit Sofa terletak lebih deket ke ka'bah dibanding bukit Marwa dan Sa'i dimulai dari bukit Sofa ini. Hitungan 7 kali, bukan berarti 7x Pulang Pergi, tapi 1 x perjalanan Sofa ke Marwa dihitung dan sebaliknya dari Marwa ke sofa dihitung 1 x. Jadi Sa'i pasti dimulai dari bukit Sofa dan diahiri di bukit marwa.
Tempat sa'i (Mas'a) saat ini terdiri dari 4 atau 5 lantai ber AC. Yang paling bawah basement, kemudian lantai Ground, Lantai 1, Lantai 2...(saya belum yakin diatas lantai 2 ada lagi atau tidak, belum sempat eksplore).
Lantai Basement terhubung langsung ke tempat thowaf (Mat'af) lantai dasar (ka'bah) sehingga lebih deket. Sa'i di lantai basement tidak ada naik/turun datar saja lantainya, tapi atapnya pendek sehingga agak sumpek.
Tempat sa'i favorit saya adalah lantai dasar (ground floor), karena di lantai ini ketika sa'i masih ada naik dan turun bukitnya dan lebih bisa "merasakan". Disamping itu langit2 nya juga tinggi, jadi terasa lega meskipun penuh jamaahnya. Lantai 1 dan 2, kondisinya hampir sama, datar dan langit2 nya juga tinggi.
Sebagai catatan pengalaman saya, kalau waktu2 menjelang sholat, akses dari lantai atas ke lantai bawahnya ditutup, jamaah hanya bisa naik ke lantai diatasnya, tapi tidak bisa turun ke lantai yang lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar