Kamis, 04 Juni 2020

Masjid Al Khaif Mina Makkah

Masjid Al-Khaif merupakan salah satu masjid yang memiliki sejarah peradaban Islam yang terletak di kawasan Mina.

Masjid yang sudah dibangun sejak zaman Rasulullah ini memiliki beberapa keunikan. Salah satunya adalah tempat Nabi pernah salat dan menyampaikan khotbahnya yang terkenal, yakni khotbah 'Hajjatul Wada’.

Nama masjid ini mengacu pada kata 'khayf' yang berarti kaki gunung, tanah di antara dua gunung atau tanah yang lebih tinggi. Hal ini karena Masjid Al-Khaid berlokasi di kaki Gunung Safa’ih atau Sabih di Mina, tak jauh dari lokasi Jumrah Ula.

Selain bernama Al-Khaif, masjid ini juga terkenal dengan sebutan masjid 70 Nabi. Dalam sejumlah hadis Ahlusunah disebutkan bahwa terdapat 70 Nabi yang pernah salat di masjid ini. Selain itu, catatan dari hadis Imam Baqir as menyebutkan terdapat 700 nabi, sementara hadis lain menyebutkan 1.000 nabi.

Masjid ini juga memiliki nama lain masjid Al-Muaisyumah, yang diambil dari nama pohon, yakni pohon Al-Muaisyumah yang terdapat di masjid tersebut.

Secara arsitektur, masjid ini dibangun dengan 403 tiang dan mampu menampung hingga 100 ribu jemaah. Di dekat masjid terdapat penginapan yang ditujukan untuk tamu besar Kementerian Keislaman Arab Saudi karena masjid ini memang terletak di dekat kantor administrasi Kementerian Keislaman Arab Saudi.

Meski megah dan luas, masjid ini hanya dibuka selama 30 hari per tahunnya, yakni pada bulan Dzulhijjah atau saat musim Haji.

Hingga kini, masjid tersebut terus melakukan pemugaran dan menambahkan penambahan pintu masuk bagi jemaah perempuan.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar