Rabu, 08 Maret 2023

Cerita Tentang Pekanbaru

Pekanbaru atau yang sering dijuluki “Kota Madani” ( Masyarakat Damai daN Islami) ini jadi salah satu kota tersibuk di Provinsi Riau. Sebagai penggerak perekonomian daerah Pekanbaru sudah mulai terlihat perkembangannya mulai dari insfrastruktur, gedung bertingkat tinggi kokoh hingga pusat perbelanjaan yang besar dan mewah.

Pekanbaru tidak memiliki objek wisata dari sektor alam yang cukup memadai, namun, disisi lain, ada jasa pariwisata yang dapat menawarkan berbagai kelebihan dari fasilitas yang ada di Kota Pekanbaru, seperti pusat perbelanjaan (mall),  Pasar Wisata Pasar Bawah, hotel, bandara udara berkelas internasional, serta pusat kuliner fasilitas. Kalau boleh dikatakan, di Riau ini yang menjual cuma Siak. Sedangkan Pekanbaru menjadi magnetnya cuma malnya. 

Pekanbaru terletak di tepian Sungai Siak dan pada awalnya merupakan sebuah kota kecil yang memiliki pasar (pekan) yang bernama Payung Sekaki atau Senapelan. Pada abad ke-18, wilayah yang kini menjadi Pekanbaru berada pada lingkar pengaruh Kesultanan Siak, dan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Pekan) secara luas dianggap sebagai pendiri kota Pekanbaru modern; hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 23 Juni 1784. Pekanbaru menjadi sebuah "kota kecil" pada tahun 1948 dan kotapraja pada tahun 1956, sebelum ditetapkan menjadi ibu kota provinsi Riau sebagai pengganti dari Tanjung Pinang pada tahun 1959.

Perekonomian Pekanbaru didukung oleh perdagangan dan pertambangan minyak bumi. Kota ini memiliki sebuah bandar udara internasional, terminal bus antar kota dan antar provinsi, serta dua pelabuhan. Populasi Pekanbaru bersifat kosmopolitan, dipengaruhi oleh letak strategisnya di tengah-tengah Lintas Timur Jalan Raya Lintas Sumatra. Beberapa etnis yang memiliki populasi signifikan di kota ini antara lain adalah suku MinangkabauOrang OcuMelayuJawaBatak, dan Tionghoa

Adanya pusat perbelanjaan atau mall memang menjadi kebutuhan gaya hidup masyakarat. Sudah semestinya pemerintah setempat memberikan fasiltas mall terbaik di Pekanbaru. Berdirinya mall juga membantu masyarakat setempat dalam mendapatkan pekerjaan

1. Mall Living World

Mall Living World

Resmi dibuka sejak pertengahan tahun 2018 lalu, Living World menjadi mall terbesar di Pekanbaru. Memiliki letak strategis di pusat kota mall yang satu ini menjadi tempat belanja favorit masyarakat. Mengusung tema internasional tenant-tenant yang tersedia banyak dari brand ternama.

Diantaranya, INFORMA sebagai pusat furniture dan aksesoris, ACE menyediakan perlengkapan rumah tangga, dan Toys Kingdom pusat permaianan anak. Supermarket Farmer ada disini.

  • Alamat : Jl. Soekarno - Hatta, Tengkerang Bar., Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau

2. Mall Pekanbaru

Mall Pekanbaru

Belanja gadget dan barang elektronik murah dan berkualitas? Mall Pekanbaru (MP) adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan surganya penjualan elektronik terbesar di Pekanbaru. MP termasuk salah satu mall terbesar yang terdiri dari dua lantai.

Lantai pertama dan kedua dipenuhi oleh tenant-tenant gadget ternama. Tenant Huawei yang belum ada. Meski menjadi pusat penjualan elektronik, untuk ibu-ibu masih bisa berbelanja di tenant ACE. Di dalam gedung juga tersedia Lucky supermarket untuk belanja, bahan makanan produk Malaysia banyak tersedia di tempat ini.

  • Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.61, Rintis, Kec. Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau

3. Mall SKA

Mall SKA

Mall yang satu ini sudah beroperasi sejak tahun 2004. Letaknya strategis berada di persimpangan jalan Tuanku Tambusai-Soekarno Hatta. Mall SKA sudah lama dikenal sebagi tempat nongkrongnya anak muda. Hal itu karena di sana tersedia berbagai macam kafe kekinian yang pas buat kumpul bareng teman-teman.

Tempat belanja pakaian tersedia Matahari Departement Store. Untuk belanja bahan pokok makanan bisa mampir ke Hypermart. Mau beli barang kebutuhan rumah tangga MR DIY bisa dikunjungi, letaknya di lt 3.

  • Alamat : Jl. Soekarno - Hatta No.114, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau

4. Mall Ciputra Seraya

Mall Ciputra Seraya

Mall Ciputra Seraya merupakan mall yang mengusung tema modern dan cozy, berdiri sejak tahun 2004. Di tempat ini banyak menawarkan promo brand ternama. Pastinya dengan adanya banyak promo-promo akan membuat pengunjung mampu menghemat pengeluaran.

Tenant yang tersedia di Mall Ciputra Seraya ada banyak dan berkualitas. Diantaranya, Hypermart, Everbest, Hardware, Levi’s, Point Break, dan Skechers.

  • Alamat : Jl. Riau No.58, Kp. Baru, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau

5. Sadira Plaza

Sadira Plaza

Plaza ini mulai beroperasi pada Desember 2015 silam.

Kata “Sadira” dalam nama mall ini berasal dari bahasa Arab yang artinya bintang. Dari filosofi ini, pihak pengelola berharap bahwa Sadira Plaza dapat bersinar menerangi Kota Pekanbaru dan menjadi bintang di hati masyarakat.

Sadira Plaza masuk dalam pusat perbelanjaan terbaik dan berkelas di Pekanbaru. Semua kebutuhan masyrakat ada di dalam satu gedung megah ini. Kelebihan lainnya yang dimiliki Sadira Plaza adalah hotel yang berada di atasnya.

Pada bulan Mei lalu, Sadira Plaza Pekanbaru resmi mengganti namanya menjadi Mal Pekanbaru Xchange (PX). 

Terdiri dari 4 lantai dengan tambahan dua lantai untuk parkir kendaraan. Di sana tersedia tenant-tenant untuk fashion, alat elektronik, dan kebutuhan bahan pokok makanan. Bila lapar bisa mampir ke J.Co yang berada di lantai dasar.

  • Alamat : Jl. Riau No.147, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau

6. Mall Star City Square

Star City Square

Kamu bisa melihat pemandangan indah kota Pekanbaru dari atas Mall Star City Square. Lokasi mall bisa terbilang strategis karena diapit oleh beberapa hotel dan pusat kota. Tempat enak buat nongkrong bersama dengan teman atau keluarga.

Tenant-tenant yang tersedia diantaranya, fasilitas hiburan seperti ruang karaoke dan club diskotik. Juga ada tenant khusus fashion, tempat kebutuhan rumah tangga, supermarket, dan Cinema XXI. Tersedia jajanan makanan dan minuman di lantai dua.

  • Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.426, Tanah Datar, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau

7. Transmart Carrefour

Transmart Carrefour

Pusat perbelanjaan yang satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat Labuh Baru Timur. Transmart Carrefour hadir untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar, baik pangan maupun hal lainnya. Dikenal sebagai mall yang memberi promo besar-besaran, tak heran jika Transmart Carrefour jadi tempat favorit belanja ibu- ibu.

Di sana tersedia tenant untuk fashion, tas, sepatu, sampai kebutuhan sekolah dan kantor. Untuk hiburannya bisa mampir ke Trans Studio Mini yang berada di lantai atas. Satu tempat tapi pengunjung bisa berbelanja sambil cari refreshing!

  • Alamat : Jl. Musyawarah No.11, Labuh Baru Tim., Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau

8. Panam Square/Metropolitan City Pekanbaru

Panam Square

Metropolitan City Pekanbaru, atau yang biasa disingkat MTC, merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal di Pekanbaru. 

MTC pertama kali beroperasi pada tahun 2009 dan menjadi salah satu pusat perdagangan pertama di daerah Panam Pekanbaru.

Sama seperti Plaza Senapelan dan Plaza Sukaramai, mall ini juga mengusung konsep trade center atau pusat grosir. Di sini, para pengunjung dapat menemukan beragam kebutuhan dengan harga terjangkau.

Berbelanja perlengkapan rumah tangga, di Panam Square tempatnya. Mall yang satu ini memiliki bangunan dan tempat parkir yang luas. Di Panam Square juga tersedia tempat penjualan busana dengan kueliatas terbaik

Tenant yang tersedia ada ACE, Informa, dan Robinson. Bagi yang membawa anak juga tersedia tempat hiburan, yakni Zone 2000. Bila lapar bisa mampir ke tempat jajanan makan dan minum yang berada di salam gedung.

  • Alamat : Jl. HR. Soebrantas km 9,5 Lt. 1, Kel. Sidomulyo Barat Kec. Tampan, Pekanbaru, Riau

9. Plaza Citra

Plaza Citra

Selanjutnya mall populer di Pekanbaru adalah Plaza Citra. Di tempat ini memiliki tenant terbesar, yaitu Matahari Departement Store. Kemudian beberapa toko di sini diisi berbagai tenant pakaian lokal Pekanbaru.

Selain itu, Plaza Citra juga menyediakan beberapa tenant kuliner ternama. Seperti Bakso Lampangan Tembak Senayan, MR DIY dan Texas Chicken. Bila mau nonton bisa mampir ke Studio 88 di lantai paling atas. Berada di pinggir jalan membuat mall ini mudah dijangkau oleh pengunjung.

  • Alamat : Plaza Citra Lt.1 s.d, Jl. Pepaya No.78, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau

10. The Central Plaza

The Central Plaza

Sama seperti Plaza Senapelan, Plaza Sukaramai dan MTC, Plaza The Central mengusung konsep pusat perbelanjaan grosir. Di mana para pengunjung dapat berburu barang-barang kebutuhan dengan harga yang sangat terjangkau.

Salah satu daya tarik utama dari mall ini adalah keberadaan Suzuya Department Store yang terletak di lantai dasar plaza. Di sini, Anda dapat berbelanja kebutuhan sandang dan pangan. Pasar swalayan ini juga kerap memberikan promosi-promosi menarik, terutama pada hari-hari besar, seperti Lebaran, Natal dan Imlek.

The Central Plaza memiliki letak yang sangat strategis. Hal itu karena di dalam gerung mall terdapat Hotel Ameera. Kemudian di belakang gedung ada Pasar Kodim dan Pasar Jongkok. Setiap harinya mall yang satu ini ramai didatangi pengunjung

Di sini pengunjung bisa berbelanja dengan harga murah berkualitas tinggi. Tenant yang tersedia ada fashion, alat eletronik, dan supermarket. Buat kamu pencinta buku bisa mampir ke Gramedia yang biasanya menyelenggarakan bazaar buku dengan harga murah.

  • Alamat : Jl. Jend. Ahmad Yani No.42 A, Padang Bulan, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau

11. Plaza Senapelan

Plaza Senapelan

Nah, mall yang satu ini merupakan salah satu bangunan bersejarah dalam kisah Kota Pekanbaru.

Nama Senapelan berasal dari nama Kota Pekanbaru pada masa lampau. Ketika kota ini resmi mengganti nama menjadi Pekan Baharu atau Pekanbaru, pemerintah memutuskan untuk tetap mengabadikan nama Senapelan.

Maka, diberikanlah nama tersebut kepada mall ini. Plaza Senapelan yang dulu dikenal sebagai Plaza Suzuya Senapelan resmi berdiri pada tahun 1990-an. Letaknya berseberangan langsung dengan Mall Pekanbaru.

Mall ini merupakan mall pertama dan tertua di Kota Pekanbaru. Sekaligus sebagai pionir pusat-pusat perbelanjaan modern di sini. Jadi, tak heran bisa desain bangunan mall ini agak tua.

Di sini, Anda bisa menemukan beragam keperluan rumah tangga, namun mall ini paling terkenal sebagai salah satu pusat jual-beli smartphone. Ada pula gerai-gerai yang menjual aksesori dan perlengkapan smartphone, serta menawarkan jasa reparasi atau jual-beli suku cadang.

Mall ini juga kerap mengadakan event-event dan promosi-promosi menarik, jadi pastikan Anda selalu update dengan informasi terbarunya.

Alamat : Jl. Teuku Umar, Rintis, Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau. 

Anda perlu menempuh perjalanan selama 20 menit dari Mall Ciputra Seraya. Atau hanya 1 menit dari Mall Pekanbaru.

12. Plaza Sukaramai

Sukaramai Trade Center ini merupkan transformasi dari Plaza Sukarai atau dulunya akrab dengan sebutan Ramayana Pekanbaru oleh masyarakat Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Pusat perbelanjaan ini akhirnya berubah nama menjadi Sukaramai Trade Center setelah dibangun kembali paska kebaran yang terjadi Desember 2015 silam.

Walau tampilannya sudah lebih modern setelah renovasi, mall ini tetap mengusung konsep pusat grosir. Di mana para pengunjung bisa mendapatkan beragam barang kebutuhan berkualitas dengan harga miring.

Dari mulai fashion, aksesori, perhiasan, gadget hingga kuliner, semua dapat Anda temukan di Plaza Sukaramai ini. Jadi, mall ini sangat cocok untuk berburu oleh-oleh khas Pekanbaru tahan lama.

Di plaza ini juga terdapat Cinema XXI di mana pengunjung juga bisa menonton film-film box office sambil menyantap camilan. Itulah sebabnya para pengunjung yang memadati plaza ini berasal dari berbagai kalangan usia.

Tak hanya itu, fasilitas umum di mall ini juga sangat mumpuni sehingga mampu mengakomodasi ratusan pengunjung setiap harinya. Salah satunya yang paling ditonjolkan oleh pihak pengelola adalah lahan parkir yang sangat luas dan mampu menampung ratusan, bahkan ribuan mobil dan motor.

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.1, Sukaramai, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau. 

Letaknya tidak begitu jauh dari Plaza Senapelan, hanya sekitar 8 menit berjalan kaki. Tapi, Anda tetap bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Pekanbaru memang kota sibuk dengan peningkatan ekonomi terbaik akhir-akhir ini. Sudah semestinya perkembangan baik itu diiringi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti pusat perbelanjaan dan wisata alam kreatif lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar