Senin, 17 Juni 2019

Berangkat Haji

Jamaah Haji dibagi menjadi 2 gelombang  salah satu tujuannya agar pemondokan jamaah Haji Indonesia tidak begitu jauh dari masjid, baik Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Sehingga jamaah bisa bergantian menempati maktab. Dan memudahkan pengurusan serta pengaturan keberangkatan. Untuk itu jamaah Haji harus mengetahui rangkaian perjalanan masing masing gelombang, berikut ini rangkaian perjalanan Haji gelombang kedua :

1. Jamaah Haji start dari asrama Haji embarkasi masing masing daerah

Disana ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh jamaah haji yaitu :

Menyerahkan Surat Panggilan Masuk Asrama dan bukti setor lunas BPIH warna biru.Menerima kartu makan dan akomodasi untuk selama di Asrama Haji.Menimbang dan memeriksakan barang bawaan (tas koper)Selama di Asrama Haji Embarkasi jamaah akan menempati kamar yang sudah ditentukan.Memeriksakan kesehatan badan (pemeriksaan kesehatan terakhir).Mengikuti pembinaan manasik haji.Menerima Paspor haji dan menerima gelang identitas yang harus dipakai selama berada di tanah suci.Menerima uang living cost.Menunggu jadwal keberangkatan ke Bandara Udara (saat berangkat, Paspor, Tiket dan lain-lain diletakkan di tas Paspor yang digantungkan di leher.

2. Jamaah Haji menuju ke Bandara

Jamaah haji akan di arahkan menuju bus sesuai dengan nomor bus yang telah ditentukan (nomor bus tersebut akan sama juga ketika di Haramain) kemudian turun dengan tertib sesuai arahan Petugas Haji dan ketua rombongan (Karom).

 3. Saat masuk ke Pesawat

Jamaah Haji akan berbaris antri untuk pemeriksaan dokumen, lalu berjalan tertib menuju pesawat dan duduk di kursi sesuai dengan nomor di Boarding pass. Pemeriksaan dokumen dan kesehatan di Terminal Kedatangan Bandara King Abdul azis International Airport (KAAIA) Jeddah

Sebelum landing persiapkan kain Ihram dan pakailah ketika dua jam sebelum mendarat di King Abdul Aziz International Airport, Jeddah, mintalah petunjuk ketua kloter atau karom kapan untuk mulai berniat Ihram (kapan pesawat tepat di atas Miqat Yalamlam atau Qarnul Manazil).

4. Di Jeddah

Setelah urusan imigrasi selesai jamaah Haji bergerak menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan Umroh yaitu thawaf dan sai serta tahalul. Jamaah Haji akan menunggu beberapa hari untuk melaksanakan wukuf di Arafah. Sambiil menunggu tanggal 8 Dzulhijjah, boleh dilaksanakan ziarah di Mekah dan sekitarnya, seperti Masjid Jin, Masjid Kucing, Gua Tsur, Gua Hira (Jabal Nur), melihat-lihat situasi di Arafah, Mina, Muzdalifah, dan lain lain.

5. Siap bergerak menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina

Sebelum menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina, dianjurkan bagi jamaah Haji untuk :

a. Mandi dan Wudhu

b. Memakai wangi-wangian di badan sebelum mengenakan pakaian ihram.

c. Mengenakan pakaian ihram.

d. Shalat sunnah ihram 2 raka’at.

e. Berniat haji di pemondokan bagi yang melakukan Haji Tamattu’.

7. Setelah selesai proses Haji

Jamaah Haji akan diberangkatkan menuju Madinah dan akan berdiam selama 8 hari untuk melaksanakan arbain dan kunjungan ke tempat tempat bersejarah. Untuk kemudian di pulangkan dari bandara Madinah menuju tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar